Warga Kepulauan Sumenep Bakal Punya Puskesmas Apung

  • Whatsapp

SUMENEP – Masyarakat kepulauan Kabupaten Sumenep dalam waktu dekat bakal mendapat tambahan sarana kesehatan untuk keperluan berobat.

Read More

Sarana kesehatan dimaksud berupa kapal yang didalamnya dilengkapi peralatan dan tenaga medis (puskesmas apung). Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat memantau kesiapan angkutan mudik lebaran di Pelabuhan Kalianget, Senin (3/6/2019).

“Sekarang kapalnya masih di kodifikasi. Dalam waktu dekat sudah selesai. Ini untuk pelayanan kepada masyarakat,” kata Budi.

Dijelaskanya, bakal ada dua armada kapal pelayanan kesehatan yang nantinya berkeliling melayani kebutuhan kesehatan masyarakat kepulauan Kabupaten Sumenep dan sekitarnya.

Kapal kesehatan ini merupakan kombinasi kapal penumpang dengan rumah sakit. Sehingga ada dua manfaat yang langsung bersentuhan dengan masyarakat kepulauan.

“Konektivitas masyarakat kepulauan Sumenep dan sekitarnya nanti juga lebih baik. Karena ini juga kapal penumpang yang didalamnya dilengkapi sarana kesehatan,” paparnya.

Mengenai jadwal pengoperasian puskesmas apung, Budi Karya Sumadi memastikan sebelum 17 Agustus 2019 kapal dimaksud sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Sebelum 17 Agustus sudah kita luncurkan. Tenaga medisnya sudah ada, kita kerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Universitas,” imbuh Menhub (sup/ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *