Ratusan Warga Terjangkit Kusta

  • Whatsapp
Kabid Pencegahan, Pemberantasan, dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumenep, Kusmawati. foto/madurasatu 

SUMENEP – Jumlah penderita penyakit kusta di Kabupaten Sumenep, Madura tergolong cukup tinggi. Bahkan dua tahun terakhir angka penderita penyakit menular tersebut masih mencapai ratusan.

Kabid Pencegahan, Pemberantasan, dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sumenep Kusmawati mengungkapkan, pada 2017 penderita kusta di Kabupaten Sumenep mencapai 397 orang. Sedangkan untuk 2018 mengalami sedikit penurunan ke angaka 385 kasus.

Read More

“Kasus kusta di Sumenep memang masih tinggi karena di 2018 ada 385 kasus dan di 2017 ada 397 orang. Pemerintah memang terus melakukan upaya pengobatan dan pencegahan dengan maksimal namun peran serta masyarakat juga dibutuhkan,” kata Kusmawati kepada kontributor madurasatu.com, Jumat (25/1/2019).

Menurut dia, tingginya penderita kusta di Kabupaten Sumenep telah dijadikan atensi oleh pemerintah setempat, bahkan untuk pengobatanya pun melibatkan organisasi kesehatan internasional.

“Selain peran pemerintah, seluruh masyarakat harus berperan aktif agar penyebaran penyakit tersebut bisa ditekan,” timpalnya.

Diterangkanya, penularan kusta memang berbeda dengan penyakit lain karena ada jeda waktu cukup lama untuk mendeteksi seseorang itu terjangkit. Sedangkan secara umum kusta dapat menular melalui kontak kulit yang lama dan erat dengan penderita.

“Disamping juga bisa menular melalui udara, penyakit kusta juga menular melalui bentuk butiran air di udara,” pungkasnya. (pri/ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *