Penyelenggara Pemilu di Sumenep Mendapat Pemeriksaan Medis

  • Whatsapp

SUMENEP – Kondisi kesehatan penyelenggara Pemilu 2019 dan petugas keamanan di Kabupaten Sumenep mendapatkan perhatian dari tim kesehatan Polres setempat. Hal tersebut dilakukan karena panjangnya masa rekapitulasi, juga sebagai antisipasi atas maraknya penyelenggara pemilu yang meninggal akibat kelelahan.

Read More

Kapolres Sumenep AKBP Muslimin menuturkan, pelayanan kesehatan bagi petugas pemilu itu memang atas inisiatif pihak Polres Sumenep sebagai antisipasi atas tingginya kasus kelelahan yang mengakibatkan kematian.

“Pemeriksaan kesehatan itu menindaklanjuti banyaknya petugas pemilu yang kelelahan, kita libatkan poli klinik polres untuk membantu mengecek kesehatan petugas yang ada di KPU, kata AKBP Muslimin kepada wartawan, Minggu (28/4/2019).

Menurut AKBP Muslimin, selain penyelenggara tingkat kabupaten, pelayanan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan bagi petugas yang ada di wilayah kecamatan. Dengan upaya ini kekhawatiran mengenai menurunnya kondisi kesehatan penyelenggara Pemilu dapat tertangani.

“Kita akan terus pantau dengan tim medis yang kita miliki. semua tim medis kita kerahkan. Kita ingin rekapitulasi berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Sumenep Abdul Warits mengaku terbantu dengan adanya pelayanan kesehatan yang diinisiasi oleh polres setempat. Setidaknya kesehatan penyelenggara pemilu dapat terpantau.

“Sebelumnya juga dilakukan pemeriksaan dan sekarang diperiksa lagi kesehatan penyelenggara Pemilu dan aparat keamanan. Dengan pemeriksaan kesehatan ini kita jadi tau kondisi para petugas,” ucap Abdul Warits.

Warist menuturkan, tahapan Pemilu 2019 memang membutuhkan waktu yang panjang sehingga ketahanan fisik dan kesehatan penyelenggara maupun semua pihak yang terlibat harus terjaga dengan baik.

“Pemilu tahun ini memang menguras banyak tenaga. Tapi alhamdulillah berkat dukungan pihak kepolisian, kita mendapatkan pelayanan medis,” pungkasnya (pri/ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *