KPU Sampang Bongkar Ratusan Kotak Suara, Ada Apa?

  • Whatsapp

SAMPANG – Pihak Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Sampang diketahui membongkar ratusan kotak suara hasil pemilu 2019. Alasanya, untuk kepentingan publikasi hasil pemilu pada sistem informasi penghitungan suara (Situng).

Read More

Selain untuk kepentingan publikasi Situng, pembongkaran ratusan kotak suara itu disebut-sebut dalam rangka penetapan calon terpilih dan tidak ada kaitanya dengan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi.

“Ada sekitar 20 persen kotak suara yang harus dibuka yang tersebar di berbagai wilayah, semisal di Kecamatan Banyuates ada 21 kotak dari total TPS yang tersebar di wilayah itu,” ucap Addy Imansyah, ketua KPU Sampang.

Kepada wartawan Addy berujar, pembongkaran ratusan kotak suara pemilu itu, sebagai tindak lanjut atas permintaan KPU RI melalui Surat Edaran (SE) nomor 901 terkait kegiatan publikasi hasil pemilu.

Kata Addy, dalam SE itu dijelaskan, manakala KPU di tingkat Kabupaten/Kota mendapatkan suatu kendala dalam proses upload dan publikasi data pemilu, maka dapat melakukan langkah-langkah tertentu.

“Diantaranya, dapat mengambil sejumlah dokumen yang berada dalam kotak suara, jika dokumen yang dibutuhkan itu berada dalam kotak tersebut. KPU sudah berkoordinasi dengan Bawaslu dan disaksikan langsung oleh aparat keamanan,” urainya.

Dijelaskanya, dokumen yang diambil dari kotak suara itu, meliputi salinan C1, salinan DA1 dan dokumen terkait lainnya.

Pembukaan kotak itu berlaku untuk semua jenis pemilihan, akan tetapi, pihaknya lebih fokus pada dokumen Pileg, mengingat jenis pemilihan yang lain, seperti pilpres dan DPD diyakini tidak ada masalah yang berarti.

”Semua dokumen yang diambil dalam kotak ini, nantinya kami upload di Situng resmi KPU RI, untuk melengkapi data-data yang kurang,”.

”Kami tegaskan pembukaan kotak ini tidak ada kaitan dengan proses PHPU, melainkan murni untuk kepentingan Situng agar masyarakat bisa memantau. Tidak ada perubahan perolehan suara,” kata Addy menimpali. (moh/ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *