Blusukan ke Masyarakat, Dosen UIM Bina Kelompok Tani

  • Whatsapp
Foto @ madura satu UIM

PAMEKASAN – Tim dosen Universitas Islam Madura (UIM) melangsungkan pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dengan program kemitraan masyarakat (PKM), Sabtu (18/5/2019).

Program kemitraan tersebut berupa integrasi padi dan itik, yakni memelihara itik pada lahan pertanian padi.

Read More

PKM yang diprakarsai tim dosen UIM itu dilangsungkan di Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu. Adapun pertimbanganya, karena Desa Sumedangan merupakan lahan pertanian basah yang posisinya terletak di daerah aliran sungai.

“Program kemitraan integrasi padi dan itik ini diharapkan dapat menekan biaya perawatan tanaman padi dan juga sekaligus dapat menghasilkan itik yang siap jual, sehingga selain dapat hasil panen padi, masyarakat juga bisa panen itik yang nantinya dapat meningkatkan taraf kesejahteraan petani,” kata Iswahyudi, salah seorang tim dosen UIM.

Merespon hal itu, ketua Poktan Palem Jaya, Asmodjar mengaku bangga atas inisiasi tim dosen UIM tersebut.

Kata dia, melalui program PKM dimaksud, anggota poktan Palem diharapkan dapat mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi yang didapat kepada anggota poktan lainya.

“Semoga program ini terus berkelanjutan, sehingga kedepan bisa benar-benar bermanfaat bagi semua anggota poktan,” harapnya.

Untuk diketahui, program PKM yang dilangsungkan oleh tim dosen UIM adalah bagian dari program Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), yang menyelenggarakan urusan di bidang riset, teknologi, dan pendidikan tinggi. (anw/ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *