Berdayakan Warga Pesisir dengan Produk Olahan

  • Whatsapp
Gambar PMK UIM @ Madurasatu
Gambar PMK UIM @ Madurasatu

PAMEKASAN – Universitas Islam Madura (UIM), Pamekasan sangat concern menjalankan kegiatan pemeberdayaan kepada masyarakat melalui program kemitraan masyarakat (PKM).

Bersama sejumlah mahasiswanya, tim dosen UIM melakukan pemberdayaan masyarakat pesisir di Desa Lembung, Kecamatan Galis, Pamekasan. Tujuanya, agar mereka berdaya saing dan bisa mengolah hasil tangkapan perikanan menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Read More

“Program kemitraan ini berupa produk hasil tangkap perikanan, yang selanjutnya kita olah menjadi lorjuk krispi, kerupuk cangar dan stik lorjuk,” ungkap Supriadi, tim dosen UIM, Sabtu (04/5/2019).

Menurut Supriadi, guna mematangkan pemberdayaan dimaksud, UIM melibatkan kolaborasi Fakultas Pertanian dan Fakultas Ilmu Pendidikan Fisika, dengan harapan kegiatan dimaksud bisa bermanfaat sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat pesisir yang sebagian besar menggantungkan hidupnya dari hasil laut.

“Sebagai universitas yang berada ditengah-tengah masyarakat, kami (UIM) ingin hadir dengan membawa manfaat, yang salah satunya melalui program kemitraan masyarakat,” tutur Supriadi, dengan nada optimis.

Melalui pemberdayaan dimaksud, kata Supriadi, pengolahan hasil tangkap yang menjadi produk baru ini bisa menjadi mata pencaharian baru bagi masyarakat, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pencari kerja.

Untuk diketahui, program kemitraan masyarakat (PKM) yang dilaksanakan UIM dengan pokmas Sabuk Hijau, merupakan program Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), yang bertujuan untuk pengembangan penelitian di dunia pendidikan. (anw/ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *