Bawaslu Jatim: Madura Daerah Rawan Pemilu

  • Whatsapp

SUMENEP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur menyebut, wilayah Madura masuk lokasi indeks kerawanan Pemilu 2019. Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu Jawa Timur Muhammad Amin saat memantau kondisi masa tenang di wilayah Kabupaten Sumenep.

Read More

Kerawanan pemilu di Madura mencakup semua kabupaten yang ada didalamnya, meliputi Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan.

“Madura termasuk salah satu daerah yang masuk dalam indeks kerawanan Pemilu 2019. Mulai dari Kabupaten Pemekasan, Sumenep, Sampang dan Bangkalan,” kata Muhammad Amin, Senin (15/4/2019).

Kerawanan yang dimaksud, ialah adanya potensi politik uang, penyebaran berita bohong dan dugaan ketidak netralan penyelenggara saat pelaksanan Pemilu.

“Untuk Madura (masuk kategori) sedang menuju ke atas. Meski kerawanannya masih kategori sedang dan tidak menjadi sorotan nasional, namun harus tetap menjadi antisipasi bersama,” paparnya.

Pria asal Kabupaten Sumenep itu meminta, semua lapisan masyarakat agar berperan aktif melakukan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu 17 April 2019. Jika menemukan adanya pelanggaran, agar tidak segan melaporkan kepada pihak yang berwenang, karena setiap penyimpangan dalam pesta demokrasi harus diproses sesuai aturan.

“Saya sendiri sebagai Ketua Bawaslu Jawa Timur sekaligus koordinator wilayah dalam rangka patroli pengawasan akan ada di Madura, mulai dari 14, 15 sampai 16 April besok,” pungkasnya. (pri/ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *