Anggaran Pilkades Serentak Mencapai 5 Miliar Lebih

  • Whatsapp
foto ilustrasi

SAMPANG – Tren penentuan kepemimpinan nasional dan daerah yang dilakukan serentak tidak hanya terjadi dalam Pilkada maupun Pemilu. Saat ini, tren tersebut juga menjalar pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang ada di beberapa daerah, tak terkecuali di Kabupaten Sampang.

Dana yang dianggarkan pun tidak tanggung-tanggung, Pemkab Sampang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat menyediakan dana hingga Rp 5 miliar lebih untuk kesuksesan Pilkades serentak yang akan digelar di 42 desa.

Read More

“Anggaranya dari APBD, sedangkan besaran anggaranya kalau di rata-ratakan sekitar 90 juta untuk masing-masing desa,” kata Irham Nurdayanto, Kasi Aparatur Pemerintahan Desa DPMD Sampang, Senin (25/3/2019).

Menurutnya, besaran anggaran pilkades di masing-masing desa itu bisa jadi berubah karena harus disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pilkades.

“Memang besaran anggaran itu mengacu pada sedikit banyaknya DPT, tetapi kalau di rata-ratakan sekitar 90 jutaan. Dengan asusmsi pilkades serentak akan digelar di 42 desa,” imbuhnya.

Selain mengeluarkan dana untuk gelaran pilkades, kata Irham, biaya keamanan juga di tanggung melalui APBD. Adapun besaranya sekitar Rp1,5 milar. Dana keamanan itu nantinya akan melekat pada unsur TNI dan Polri.

“Untuk dana pengamananya Rp1,5 miliar. Itu untuk TNI dan Polri,” timpalnya.

Disinggung soal waktu pelaksanaan pilkades serentak, Irham belum bisa memastikan hari dan tanggalnya. Hanya saja, dia mengisyaratkan pelaksanaan pilkades serentak 2019 akan digelar antara bulan September hingga Oktober.

Merespon hal itu, anggota komisi I DPRD Sampang, Samsul Arifin meminta kepada seluruh cakades di pilkades serentak mendatang untuk mengedepankan semangat siap menang dan siap kalah. Samsul juga mempersilakan antar cakades bertarung sesuai peraturan dan profesional, sehingga dana miliaran yang dikeluarkan Pemkab Sampang tidak menjadi sia-sia.

“Di sini bukan adu otot, tapi adu strategi guna memperoleh simpati masyarakat. Tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga. Yang terpenting dana miliaran rupiah itu bermanfaat,” singkat Samsul mengingatkan. (moh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *